Sabtu, 04 Desember 2010

Elektronik Data Interchange (EDI)

A. Latar Belakang

Pertukaran informasi bisnis pada saat ini umumnya dilakukan dengan cara yang konvensional, yaitu menggunakan media kertas. Seiring dengan meningkatnya transaksi bisnis suatu perusahaan tentu akan meningkat pula penggunaan kertas. Hal ini dapat menimbulkan banyak masalah seperti keterlambatan dalam pertukaran informasi, kebutuhan akan bertambah jumlah personil yang sekaligus juga berarti menambah beban keuangan dalam perusahaan.
Fakta-fakta ini telah menyebabkan ketidakefisienan dalam dalam bisnis, khususnya yang berkaitan dengan pertukaran informasi bisnis. Persoalan di atas tentu harus kita cara jalan keluarnya agar efisiensi dalam transaksi bisnis dapat ditingkatkan. Kehadiran internet menjadi sebuah jawaban untuk mengatasi berbagai problema di atas. Namun, jaminan keamanan dalam transaksi melalui internet telah menimbulkan kekhwatiran orang untuk bertransaksi melalui media maya ini. Kehadiran Electronic Data Interchange (EDI) telah menjadi salah satu solusi untuk membuat keefisienan dalam transaksi bisnis di Internet dan sekaligus memberikan jaminan keamanan dalam bertransaksi tersebut.

B. Definisi EDI
Elektronik data interchange (EDI) adalah transmisi data terstruktur antara organisasi dengan cara elektronik. Hal ini digunakan untuk mentransfer dokumen elektronik atau data bisnis dari satu sistem komputer ke sistem komputer lain, yaitu dari satu mitra dagang yang lain mitra dagang tanpa campur tangan manusia. Sedangkan Menurut kamus TI Pengertian EDI adalah Metode untuk saling bertukar data bisnis atau transaksi secara elektronik melalui jaringan komputer.
Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”. EDI merupakan satu bentuk “e-commerce” yang secara formal diperkenalkan kepada seluruh masyarakat secara luas dengan menggunakan media komputer di dalam pelaksanaannya.
Lembaga Nasional Standar dan Teknologi dalam publikasi 1996, mendefinisikan pertukaran data elektronik sebagai "komputer ke komputer pertukaran-of ketat pesan diformat yang mewakili dokumen lain dari instrumen moneter menyiratkan. EDI urutan pesan antara dua pihak, baik di antaranya dapat berfungsi sebagai pencetus atau penerima data diformat mewakili dokumen dapat ditularkan dari originator kepada penerima melalui telekomunikasi atau fisik diangkut pada media penyimpanan elektronik. pada lebih lanjut mengatakan bahwa "Dalam EDI, pengolahan biasa pesan yang diterima adalah dengan hanya pesan Manusia intervensi komputer dalam pengolahan menerima biasanya ditujukan hanya untuk kondisi kesalahan, untuk meninjau kualitas, dan untuk situasi khusus. Misalnya , transmisi atau tekstual data biner tidak EDI seperti yang didefinisikan di sini kecuali data diperlakukan sebagai satu atau lebih elemen data dari pesan EDI dan biasanya tidak dimaksudkan untuk interpretasi manusia sebagai bagian dari pengolahan data secara online. "

C. Cara Kerja EDI
C.1 Standar
Perhatikan bahwa ada persepsi bahwa "EDI" merupakan paradigma seluruh pertukaran data elektronik, termasuk transmisi, aliran pesan, format dokumen, dan software yang digunakan untuk menafsirkan dokumen. EDI is considered to describe the rigorously standardized format of electronic documents. EDI dianggap untuk menggambarkan ketat format standar dokumen elektronik. EDI is very useful in supply chain. EDI sangat berguna dalam rantai pasokan.

Transmisi
Para mitra dagang bebas untuk menggunakan metode apapun untuk pengiriman dokumen. Dalam salah satu masa lalu dari metode yang lebih populer adalah penggunaan suatu bisync modem untuk berkomunikasi melalui jaringan nilai tambah (VAN). Some organizations have. Beberapa organisasi telah menggunakan modem langsung ke modem koneksi dan sistem papan buletin (BBS), dan baru-baru ini telah bergerak ke arah menggunakan beberapa dari banyak internet protocol untuk transmisi, tetapi kebanyakan EDI masih ditransmisikan menggunakan sebuah VAN. Dalam industri kesehatan, sebuah VAN disebut sebagai "clearinghouse".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar